11. Perangkat
Input / Input Devices
Suatu perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data dan
memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut.
Beberapa perangkat masukan tersebut adalah
a. Keyboard
a. Keyboard
Keyboard merupakan suatu alat input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer,yang berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file,mengcpy file,dan membuka file,dll.Keyboard juga memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah
keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik.
Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
B. Mouse
Mouse digunakan sebagai interface titik dan clik.Pergerakan mouse menghasilkan suatu gerakan yang berhubungan dengan pointer pada layar monitor Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain
itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol
kiri dan tombol kanan.
c. Touchpad
Unit masukan ini biasanya dapat kita
temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan
sebagai pengganti mouse. Selain
touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan
trackball.
d. Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Light
pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik, buku dan lainnya. Sekarang ini, setiap kasir di
supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang
dijualnya dengan menggunakan barcode.
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari
memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Scanner di gunakan untuk Mentransformasikan image garis atau text kedalam data komputer.
h. Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara.
i. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD)
dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis.
Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai
bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan
membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah
yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua,
menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan
jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan,
kemudian ditulisi dengan pensil.
0 comments:
Post a Comment